Home Berita Umum DPMPTSP KOTA SUKABUMI HADIRI PERTEMUAN FORUM KOORDINASI PENGAWASAN DAN PEMERIKSAAN KEPATUHAN TINGKAT...

DPMPTSP KOTA SUKABUMI HADIRI PERTEMUAN FORUM KOORDINASI PENGAWASAN DAN PEMERIKSAAN KEPATUHAN TINGKAT KOTA SUKABUMI

Dalam rangka mewujudkan terselenggaranya Jaminan Kesehatan Nasional dengan tercapainya cakupan kepesertaan semesta Universal Health Coverage (UHC) bagi seluruh penduduk Indonesia umumnya dan Kota Sukabumi khususnya, Kejaksaan Negeri Kota Sukabumi mengadakan pertemuan Forum Koordinasi Pengawasan dan Pemeriksaan Kepatuhan tingkat Kota Sukabumi di Hotel Horison Jalan Siliwangi No.68 Kecamatan Cikole hari Kamis tanggal 14 November 2019. DPMPTSP Kota Sukabumi turut menghadirkan Hadi Sasono.,AP Sekretaris dan Krishna Dwipayana.,S.T Kabid Informasi dan Pengaduan. Adapun peserta yang hadir terdiri dari Dinas Ketenagakerjaan Kota sukabumi, Kejaksaan Negeri Kota Sukabumi, UPTD Pengawasan ketenagakerjaan Wilayah I Bogor, BPJS Kesehatan cabang Sukabumi dan APINDO Kota Sukabumi

Dalam paparannya yang disampaikan oleh dr.Yasmine Ramadhana Harahap., AAAK Kepala BPJS Kesehatan Cabang Sukabumi mengatakan bahwa dalam rangka upaya sinergi penambahan peserta menuju UHC Kota Sukabumi adalah dengan upaya rekrutmen peserta dari Badan Usaha yang belum patuh registrasi dan mendaftarkan tenaga kerja 100% menjadi peserta JKN serta program donasi kepada penduduk miskin yang tidak termasuk dalam PBI APBD melalui Corporate Social Responsibility (CSR) Badan Usaha.

Adapun kendala penegakan kepatuhan badan usaha yaitu :

  1. Belum ada sumber data yang sama untuk potensi badan usaha terupdate di wilayah
  2. Masih terdapat Badan Usaha yang belum melaksanakan kewajiban pembayaran tunggakan iuran sesuai dengan komitmen yang disepakati pada saat mediasi dengan Kejaksaan Negeri.

Adapun kaitannya dengan DPMPTSP dalam mendongkrak kenaikan nilai BPJS Kesehatan yaitu dengan adanya sinergitas dan kerjasama dalam menindaklanjuti data potensi peserta BPJS yang sudah terdaftar dalam system OSS. Selain itu disampaikan progres atau laporan pencapaian kepesertaan di Kota Sukabumi yang hingga saat ini telah mencapai 95 % peserta dari jumlah populasi penduduk serta langkah koordinasi strategis dalam rangka UHC Kota Sukabumi.

Penulis :

Sri Murni Herlina.,S.KM.,M.M (Kepala Seksi Data dan Informasi DPMPTSP Kota Sukabumi)

Editor:

Krishna Dwipayana.,S.T (Kepala Bidang Informasi dan Pengaduan DPMPTSP Kota Sukabumi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here