Home Seputar Perizinan INVESTASI PROPERTI DI KOTA SUKABUMI…. WOW BANGET

INVESTASI PROPERTI DI KOTA SUKABUMI…. WOW BANGET

Investasi properti adalah menanamkan modal atau dana serta kemampuan kita kedalam pengembangan properti. Investasi properti adalah sebuah pilihan yang baik jika ingin berinvestasi untuk jangka waktu yang panjang. Salah satu jenis investasi yang cukup terkenal di kalangan investor selain investasi saham adalah investasi properti. Seperti yang kita ketahui di Indonesia sebagai negara berkembang, pembangunan properti merupakan salah satu sektor yang sedang giat dilaksanakan agar dikemudian hari dapat dimanfaatkan untuk melakukan atau menggerakan roda perekonomian. Hal yang lebih menggiurkan lagi bahwa pembangunan properti ini sedang disosialisasikan dan berusaha merekrut banyak pemilik modal besar untuk menanamkan dananya di investasi ini. Dengan semakin meningkatnya kebutuhan hunian yang layak bagi warga Kota Sukabumi, di Tahun 2020 ini, investor kembali lirik investasi di bidang properti. Investasi tersebut  ditandai dengan akan dibangunnya perumahan di Kota Sukabumi.

Atas rencana pembangunan perumahan tersebut, DPMPTSP Kota Sukabumi kembali mengadakan rapat Tim Teknis Perizinan sekaligus bagi dua (2) pemohon. Hal ini dilakukan untuk mengefektifkan waktu pelayanan menjadi lebih baik tanpa mengurangi nilai keabsahan hasil rapat tersebut. Adapun pemohon/pelaku usaha yang mengajukan permohonan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) sdr. Oki Hermawan Sumedi; sdr. Atik Yayan Saputra  dari PT. Khalifa Bumi Kersa Sadaya.

Rapat tim teknis diadakan pada hari Senin (13/01/2020) di Ruang Rapat DPMPTSP Jl. Mayawati Atas Nomor 11 Kota Sukabumi. Anggota Tim Teknis lintas SKPD yang hadir diantaranya ATR/BPN, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas PUPRPKPP, Dinas Perhubungan, Dinas Tenaga Kerja, Dinas Satpol PP, BPBD, Kecamatan Gunung Puyuh, Kelurahan Karang Tengah, Kelurahan Karamat dan unsur Kepala Bidang dan Kepala Seksi DPMPTSP Kota Sukabumi, yang selanjutnya diberikan kesempatan secara bergantian dalam rapat yang dipimpin langsung oleh Sekretaris DPMPTSP Kota Sukabumi Hadi Sasono.,A.P. untuk memberikan tanggapan dan saran masukan dalam rencana pembangunan property yang dimaksud. Beberapa saran yang ditekankan seperti persetujuan/ ijin masyarakat sekitar, pelibatan masyarakat sekitar dalam kegiatan pembangunan, mendaftarkan/melindungi pekerja dalam program BPJS, memperhatikan upah yang disesuaikan UMK Kota Sukabumi, memperhatikan Amdal dan penggunaan lahan parkir yang ramah lingkungan serta memperhatikan keselamatan pekerja sesuai Perda Nomor 7 tahun 2017 tentang penyelenggaraan Penanggulangan bencana/kebakaran.

Adapun luas tanah, bangunan dan lokasi yang di rencanakan para pelaku usaha/investor adalah sebagai berikut :

  • Untuk pembangunan Perumahan Grand Malika rencana bangun rumah sebanyak 35 unit dengan type 40/72 di atas tanah seluas ± 5.035 m2 dan bangunan seluas ± 2.696.64 m2 yang berlokasi di Jl. Ciseureuh RT.03 RW.05 Kel. Karang Tengah Kec. Gunung Puyuh Kota Sukabumi.
  • Untuk pembangunan Perumahan Kampung Qur’an Karamat rencana bangun rumah keseluruhannya sebanyak 77 unit dengan type 36/72 sebanyak 52 unit; type 45/80-130 sebanyak 25 unit di atas tanah seluas ±12.467 m2 dan bangunan seluas ± 6.817m2 yang berlokasi di Jl. Karamat RT.02 RW.04 Kel. Karamat Kec. Gunung Puyuh Kota Sukabumi.

Pada rapat teknis tersebut diberikan saran dan masukan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan sehingga terwujud kelancaran, kepastian hukum, dan kenyamanan investasi di Kota Sukabumi. Adapun permohonan dapat disetujui dengan catatan pemohon melengkapi administrasi permohonan dan memenuhi ketentuan peraturan perundang-undangan. Adapun selain pembahasan teknis pembangunan, juga dipastikan pengembang menyediakan fasilitas umum dan fasilitas sosial termasuk ruang terbuka hijau dan lahan pemakaman umum, untuk pengajuan tersebut, pemohon telah mendapatkan pengesahan siteplan dan kesesuaian tata ruang dari Kepala DPUPRPKP2, surat tidak keberatan warga, dokumen lingkungan (UKL-UPL), dan rekomendasi analisas dampak lalu lintas.

Diakhir pertemuan Sekretaris DPMPTSP Kota Sukabumi Hadi Sasono.,A.P menginginkan agar para pelaku usaha/investor mendapatkan keamanan dan kenyamanan dalam berinvestasi di Kota Sukabumi, dan untuk SKPD/Instansi terkait dapat memfasilitasi persyaratan yang mendukung terbitnya IMB.

 

Penulis :

Sri Murni Herlina.,S.KM.,M.M (Kepala Seksi Data dan Informasi DPMPTSP Kota Sukabumi)

Editor:

Krishna Dwipayana.,S.T (Kepala Bidang Informasi dan Pengaduan DPMPTSP Kota Sukabumi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here