Home Berita Umum KESAMAAN PEMAHAMAN REPLIKA DAN MONITORING SISTEM APLIKASI, IMPLEMENTASI INTEGRASI PELAYANAN SECARA ELEKTRONIK...

KESAMAAN PEMAHAMAN REPLIKA DAN MONITORING SISTEM APLIKASI, IMPLEMENTASI INTEGRASI PELAYANAN SECARA ELEKTRONIK BAGI APARATUR PENYELENGGARA PELAYANAN PERIZINAN SE JAWA BARAT

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Propinsi Jawa Barat menggelar  pertemuan yang dilaksanakan di Hotel Papandayan Jalan Gatot Subroto No.83 Bandung. Acara ini berlangsung pada hari Rabu tanggal 27 November 2019. Rapat ini diikuti oleh 26 Dinas PMPTSP Kab/Kota se Jawa Barat. DPMPTSP Kota Sukabumi turut menghadirkan dari Bidang Pelayanan Perizinan dan Bidang Informasi dan Pengaduan.

Dalam sambutannya yang di buka oleh Kepala Dinas PMPTSP Propinsi Jawa Barat Dr.Ir.H.Dadang Mohamad., MSCE menyatakan kerjasama Pemanfaatan SICANTIK Cloud yang pada tanggal 30 Agustus 2019, telah dilakukan penandatanganan kesepakatan bersama antara Dirjen Aplikasi Informatika, Kemenkominfo dan Deputi bidang Pelayanan Penanaman Modal, BKPM terkait Pemanfaatan SICANTIK Cloud sebagai aplikasi umum dalam penyelenggaraan Perizinan Terpadu Satu Pintu (PTSP) di daerah guna mendukung Implementasi Sistem Online Single Submission (OSS).

Implementasi siCANTIK Cloud meningkatkan kemandirian PTSP dalam mengelola layanan PSE secara berkelanjutan dan siCANTIK Cloud sebagai bagian dari ekosistem perizinan nasional, memfasilitasi pelayanan perizinan berusaha di Pemerintah Daerah secara terintegrasi dengan Sistem OSS.

Implementasi PP 24 / 2018 – Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik berjalan secara efektif dan berkelanjutan jika konsep interoperabilitas pada seluruh layer berhasil diimplementasikan. Adapun tantangannya :

  • Masih ditemukan Perbedaan NSPK dalam perangkat regulasi masing-masing instansi baik pusat maupun daerah.
  • Belum online-nya Bisnis Proses antar instansi terkait (bisnis proses masing-masing instansi didesain untuk dijalankan secara terpisah).
  • Data dan Sistem Elektronik Pelayanan Perizinan tidak terstandarisasi dan tidak dirancang untuk berinteroperabilitas dengan sistem elektronik lain.

Integrasi Sistem MONEV – SICANTIK CLOUD. Terdapat 36 Layanan Web Service Informasi Perizinan yang dapat dimanfaatkan bagi DPMPTSP Provinsi/Kabupaten/Kota. Manfaat SICANTIK Cloud, dengan asumsi belanja aplikasi dan infrastruktur untuk perizininan per Pemda Rp. 500 juta x 300 Pemda, maka terjadi efisiensi sebesar 150M. Adapun efektifitas SICANTIK Cloud adalah sebagai berikut:

  • Satu Data Layanan Perizinan
  • Kedaulatan data (berada di Data Center Nasional)
  • Keamanan informasi lebih terjamin
  • Solusi atas keterbatasan kapasitas SDM TI di Pemda
  • Mengurangi resiko panjangnya rantai perijinan dgn standar prosedur sesuai nspk nasional
  • Waktu implementasi akan lebih cepat
  • Kemudahan Maintenance
  • Dapat terintegrasi dengan sistem lain yang ada di pusat maupun daerah

Penulis :

Sri Murni Herlina.,S.KM.,M.M (Kepala Seksi Data dan Informasi DPMPTSP Kota Sukabumi)

Editor:

Krishna Dwipayana.,S.T (Kepala Bidang Informasi dan Pengaduan DPMPTSP Kota Sukabumi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here