Home Berita Umum MUSRENBANG KECAMATAN TAHUN 2020 PENTING UNTUK PERENCANAAN PEMBANGUNAN 2021

MUSRENBANG KECAMATAN TAHUN 2020 PENTING UNTUK PERENCANAAN PEMBANGUNAN 2021

Musrenbang Kecamatan sangat penting dan strategis dalam rangka mencari masukan guna penyusunan perencanaan pembangunan Tahun Anggaran 2021 untuk mencapai visi, misi serta tujuan dan sasaran program yang ditetapkan dalam RPJMD Kota Sukabumi.

Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan diawali di Kecamatan Baros dan diakhiri di Kecamatan Lembur situ.  Kegiatan yang merupakan wadah sekaligus proses perencanaan pembangunan untuk menjaring aspirasi dan kebutuhan masyarakat sesuai potensi dan permasalahan yang dihadapi di masing-masing kecamatan. Adapun pelaksanaannya sejak tanggal 3 Pebruari sampai tanggal 19 Pebruari 2020. DPMPTSP menghadirkan para pejabat baik Eselon III maupun Eselon IV.

Musrenbang Kecamatan ituu melibatkan aspirasi masyarakat, usulan program pembangunan agar bermanfaat untuk mengentaskan permasalahan-permasalahan di kelurahan, karenanya diminta tokoh-tokoh masyarakat, BKM, LPM, PKK, RW,RT, Kader bisa merencanakan kebutuhan masyarakat menurut skala prioritas yang dibutuhkan dengan baik yang disingkronisasikan dengan program Pemerintah Daerah. “ Tidak semua hasil Musrenbang selalu terpenuhi karena keterbatasan anggaran dan wewenang. Pemerintah telah membuat saluran-saluran atau aspirasi dalam rangka mengakomodir kebutuhan masyarakat. Adapun saluran/aspirasi yang bisa memenuhi kebutuhan masyarakat bisa melalui Musrenbang, reses anggota Dewan, Dana kelurahan dan dana P2RW” jelas Wali Kota Sukabumi H.Achmad Fahmi.

Pada kesempatan itu, Wali Kota Sukabumi, menyampaikan paparan visi, misi serta tujuan dan sasaran program Pemerintah Kota Sukabumi  serta program unggulan sesuai dengan RPJMD Kota Sukabumi 2018-2023.

Bilamana saluran/aspirasi ini benar-benar direncanakan, pastinya kebutuhan masyarakat terpenuhi, dengan ketentuan tidak tumpeng tindih dengan cara dibuat skala prioritas sehingga target pembangunan bisa tuntas dengan dana-dana yang ada.

Diharapkan dapat dilakukan sinkronisasi agenda dan prioritas pembangunan, yang perlu dukungan pendanaan . “Sehingga pelaksanaan Musrenbang Kecamatan ini dapat menghasilkan suatu perencanaan yang berkualitas, transparan dan akuntabel, yang akan menjadi dasar pelaksanaan pembangunan pada tahun 2021”.

Penulis :

Sri Murni Herlina.,S.KM.,M.M (Kepala Seksi Data dan Informasi DPMPTSP Kota Sukabumi)

Editor:

Krishna Dwipayana.,S.T (Kepala Bidang Informasi dan Pengaduan DPMPTSP Kota Sukabumi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here