Home Berita Umum PENINGKATAN PAD (PENDAPATAN ASLI DAERAH) KOTA SUKABUMI DENGAN SISTEM HOST TO HOST...

PENINGKATAN PAD (PENDAPATAN ASLI DAERAH) KOTA SUKABUMI DENGAN SISTEM HOST TO HOST DPMPTSP DENGAN BPKD

Dalam dunia teknologi juga dikenal istilah H2H atau Host to Host. Istilah ini adalah sistem antar server yang terhubung satu sama lain secara langsung. Host to Host digunakan untuk menjalin koneksi seperti pertukaran data dan transaksi.

Demi mencegah terciptanya  korupsi di Kota Sukabumi, DPMPTSP yang di wakili oleh Krishna Dwipayana.,ST Kabid Informasi dan Pengaduan berkoordinasi intens dengan BPKD yang diwakili oleh Rakhman Gania K.,ST.,MT Kabid Pendataan dan Penetapan dan Tatus Arifullah.,S.Kom.,M.Si Kasubid Pendataan dan Pendaftaran, bekerja sama dengan menghubungkan 2 aplikasi dari masing-masing SKPD. Tujuan dari kegiatan ini adalah mensinergiskan data pajak dan ijin reklame yang diterbitkan.

Dengan mengandalkan Host to Host, pengusaha mendapatkan kemudahan dalam melakukan pembayaran biaya pajak dan ijin reklame. Selain itu, Pemerintah juga mendapatkan kemudahan untuk melakukan integrasi data baik dengan pihak BPKD  maupun integrasi data internal.

Dengan adanya program Host-to-Host, DPMPTSP berharap dapat meminimalisir adanya ijin reklame yang tidak membayar pajak, begitu pula sebaliknya, meminimalisir panyelenggaraan kepatuhan perpajakan menjadi lebih sistematis proses bisnisnya, meminimalkan kesalahan, menuju otomatisasi pelaporan pajak yang didukung teknologi, menyajikan data yang lebih akurat, dan waktu yang lebih singkat dalam pengelolaan kepatuhan perpajakan.

Kebijakan program Host to Host ini juga menjadi kriteria dalam pemasangan reklame. Dengan kebijakan ini diharapkan setiap Pengusaha lebih bertanggung jawab terhadap bayar pajak maupun ijin reklame yang dimilikinya. program Host to Host diharapkan dapat bermanfaat sebagai upaya pencegahan korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN), pencegahan penyalahgunaan wewenang, bentuk transparansi ASN, dan penguatan integritas ASN.

Penulis :

Sri Murni Herlina.,S.KM.,M.M

Kepala Seksi Data dan Informasi DPMPTSP Kota Sukabumi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here