Home Seputar Perizinan RAPAT TIM TEKNIS PERIZINAN, PERMOHONAN IMB PEMBANGUNAN PERUMAHAN GRAND CIKAREO REGENCY

RAPAT TIM TEKNIS PERIZINAN, PERMOHONAN IMB PEMBANGUNAN PERUMAHAN GRAND CIKAREO REGENCY

Kebutuhan masyarakat di Kota Sukabumi akan tempat tinggal masih tinggi, ternyata hal ini adalah salah satu yang menjadi  daya tarik investasi proprerti di Kota Sukabumi yang memiliki potensi besar untuk tumbuh dan maju, seiring dengan akan dibangunnya tol Bocimi.

DPMPTSP Kota Sukabumi bersama anggota Tim Teknis Perizinan lintas sektoral selanjutnya menerima permohonan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) oleh PT. Sagara Raharja untuk  pembangunan Perumahan Grand Cikareo Regency dengan luas tanah/bangunan (33.460  m2/ ±14.541 m2) yang berlokasi di Jl. Cikareo RT.3 RW.11 Kel. Sukakarya Kec. Warudoyong Kota Sukabumi. Atas permohonan tersebut dan guna memberikan kepastian hukum dan jaminan atas rencana investasi tersebut, Tim Teknis Perizinan Pemerintah Kota Sukabumi selanjutnya mengadakan Rapat Teknis Perizinan pada Kamis tanggal 14 November 2019 di ruang rapat DPMPTSP Jl. Mayawati Atas Nomor 11 Kota Sukabumi, rapat ini membahas rencana pembangunan Perumahan Grand Cikareo Regency a.n Fahri Nur Ahmad, pembangunan dengan type sebagai berikut :

  1. Pembangunan dengan type 90/135 sebanyak 38 unit tempat tinggal
  2. Pembangunan dengan type 70/120 sebanyak 45 unit tempat tinggal
  3. Pembangunan dengan type 45/120 sebanyak 19 unit tempat tinggal
  4. Pembangunan dengan Ruko sebanyak 14 unit tempat usaha

Rapat teknis yang dipimpin oleh Kepala DPMPTSP Drs. Beni Haerani, M.M., unsur Sekretaris, Kepala Bidang, dan Kepala Seksi DPMPTSP dan dihadiri oleh anggota Tim Teknis perizinan. Adapun yang hadir diantaranya ATR/BPN, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas PUPRPKPP, Dinas Perhubungan, Dinas Tenaga Kerja,  Kelurahan Sukakarya, BPBD, Dinas Sat.Pol PP.

Permohonan tersebut telah dilengkapi dengan rekomendasi UKL-UPL, Nomor Induk Berusaha (NIB), gambar denah, tampak, dan potongan, Surat Pernyataan Tidak Keberatan Warga, sertifikat tanah, dsb. Sementara itu diberikan advice teknis kepada pemohon sekaitan dengan rencana pembangunan diantaranya memperhatikan lebar dimensi saluran disesuaikan dengan lebar saluran seharusnya untuk menghindari penyempitan saluran air, memperkuat pondasi tanggul, merekrut tenaga kerja masyarakat sekitar pada saat kegiatan pembangunan serta melindunginya dengan program jaminan sosial, memperhatikan penyediaan ruang terbuka hijau, penyediaan jalan,drainase, fasilitas umum dan fasilitas sosial lainnya.

Permohonan dapat disetujui dengan catatan pemohon melengkapi administrasi permohonan dan memenuhi ketentuan Peraturan Perundang-undangan.  Beberapa saran yang ditekankan seperti rekomendasi Camat agar dilengkapi, mengajukan pembangunan ruko, keterlibatan masyarakat sekitar dalam kegiatan pembangunan, mendaftarkan/melindungi pekerja dalam program BPJS, memperhatikan upah yang disesuaikan UMK Kota Sukabumi dan penggunaan lahan parkir yang ramah lingkungan serta memperhatikan keselamatan pekerja.

Diakhir pertemuan Drs.Beni Haerani.,M.M. Kepala DPMPTSP menginginkan agar para pelaku usaha/investor mendapatkan keamanan dan kenyamanan dalam berinvestasi di Kota Sukabumi, dan untuk SKPD/Instansi terkait dapat memfasilitasi persyaratan yang mendukung terbitnya IMB.

Penulis :

Sri Murni Herlina.,S.KM.,M.M (Kepala Seksi Data dan Informasi DPMPTSP Kota Sukabumi)

Editor:

Krishna Dwipayana.,S.T (Kepala Bidang Informasi dan Pengaduan DPMPTSP Kota Sukabumi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here