Home Berita Umum TIM PENGELOLAAN PENGADUAN DPMPTSP: PENEGAKAN ATURAN IMB DAN TERTIB PEMBANGUNAN

TIM PENGELOLAAN PENGADUAN DPMPTSP: PENEGAKAN ATURAN IMB DAN TERTIB PEMBANGUNAN

Saat pelaksanaan pembangunan, tentu tidak dapat dihindarkan adanya suara-suara gaduh dan kotornya area sekitar. Untuk itulah, sangat penting adanya sikap saling toleransi dan pengertian di masyarakat, karena setiap orang bisa saja suatu saat akan membangun rumah. Sepanjang orang yang membangun rumah tersebut telah memiliki IMB dan melaksanakan kegiatan pembangunan sesuai dengan persyaratan yang tercantum dalam IMB, maka secara hukum pembangunan tersebut tidaklah melanggar.

Namun, jika pembangunan rumah tersebut ternyata mengganggu tetangga, sehingga  mengalami kerugian secara moril maupun materiil, ada solusi yang dapat dilakukan yaitu dengan upaya musyawarah untuk mencapai mufakat dengan mengedepankan asas kekeluargaan dan melakukan pendekatan.

Sehubungan dengan adanya laporan warga terkait pembangunan rumah tinggal yang berlokasi di jalan Baros KM.4 Sudajaya RT.01 RW.03 Kec.Baros yang dikeluhkan oleh warga sekitar karena terjadi kerusakan terhadap beberapa bangunan sekitarnya, maka pada hari Rabu tanggal 23 Oktober 2019 Tim Pengelolaan Pengaduan DPMPTSP turun untuk meninjau lokasi, yang dilanjutkan dengan rapat musyawarah pada hari jumat tanggal 25 Oktober 2019 di ruang rapat DPMPTSP Kota Sukabumi jalan Mayawati Atas Nomor 11 Kecamatan Cikole, untuk menyelesaikan pengaduan atas laporan masyarakat sekitar.

Setelah dilakukan kroscek data dan tinjauan lapangan oleh Tim Pengelolaan Pengaduan DPMPTSP Kota Sukabumi yang dipimpin oleh Kabid Informasi dan Pengaduan Krishna Dwipayana.,S.T disertai oleh : Kasi Pengelolaan Pengaduan Arisandi, ST; dan Kasi Pengawasan dan Pengendalian Fauzi Rahmatullah, S.E, M.M., merekomendasikan :

  1. Kesesuaian antara pelaksanaan pembangunan bangunan rumah tinggal dengan dokumen rencana teknis yang disetujui dalam IMB;
  2. Pemilik rumah diminta untuk mengajukan IMB bangunan belakang dengan mengikuti ketentuan Peraturan Perundang-undangan terbaru yaitu memproses update perizinan melalui Online Single Submission (OSS)
  3. Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3);
  4. Kebersihan dan ketertiban lingkungan
  5. Dampak pelaksanaan pembangunan terhadap lingkungan

Penulis :

Sri Murni Herlina.,S.KM.,M.M (Kepala Seksi Data dan Informasi DPMPTSP Kota Sukabumi)

Editor:

Krishna Dwipayana.,S.T (Kepala Bidang Informasi dan Pengaduan DPMPTSP Kota Sukabumi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here