Home Berita Umum TINGKAT KEPUASAN PELAYANAN PUBLIK HASIL KERJA DPMPTSP KOTA SUKABUMI TAHUN 2019 “KATEGORI...

TINGKAT KEPUASAN PELAYANAN PUBLIK HASIL KERJA DPMPTSP KOTA SUKABUMI TAHUN 2019 “KATEGORI BAIK”

Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan publik secara berkelanjutan, maka perlu dilakukan evaluasi terhadap penyelenggaraan pelayanan publik dengan menetapkan beberapa faktor dan aspek yang dijadikan pengukuran kepuasan masyarakat terhadap pelayanan yang telah diberikan. Sebagaimana amanat Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009, Pemerintah Kota Sukabumi  dalam hal ini khususnya Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Sukabumi melaksanakan survei kepuasan masyarakat untuk mengetahui tingkat kepuasan masyarakat yang telah menerima layanan publik.

Survei Kepuasan Masyarakat itu sendiri merupakan kegiatan  pengukuran secara komprehensif kegiatan tentang tingkat kepuasan masyarakat yang diperoleh dari hasil pengukuran atas pendapat masyarakat dalam memperoleh pelayanan dari penyelenggara pelayanan publik yang bertujuan untuk mengukur kepuasan masyarakat sebagai pengguna layanan dan meningkatkan kualitas penyelenggaraan pelayanan publik.

 

REKAPITULASI HASIL SURVEY KEPUASAN MASYARAKAT (SKM) TAHUN 2019

No. PERNYATAAN NILAI RATA-RATA
1. Persyaratan Pelayanan 3,36
2. Prosedur Pelayanan 3,32
3. Kecepatan waktu pelayanan 3,38
4. Kewajaran biaya pelayanan 3,47
5. Kesesuaian produk jenis pelayanan 3,47
6. Kompetensi Petugas pelayanan 3,47
7. Kesopanan dan keramahan Petugas 3,65
8. Maklumat Pelayanan 3,72
9. Sarana Pengaduan Pelayanan 3,52
NILAI RATA-RATA INTERVAL SKM: (SKALA 4) 3,52
NILAI INTERVAL KONVERSI SKM: (SKALA 0-100) 87,91
MUTU PELAYANAN B
KINERJA UNIT PELAYANAN BAIK

 

Survei Kepuasan Masyarakat dilaksanakan dengan jumlah responden 250 orang sebagai sampel serta menyebarkan angket berupa quesioner terhadap para pemohon izin yang datang untuk mengurus perizinan, dan juga melalui website yang telah disediakan (dpmptsp.sukabumikota.go.id) yang merupakan sarana pendukung didalam mempermudah pelayanan. Cakupan Survey Kepuasan Masyarakat (SKM) meliputi pelayanan pembuatan Perizinan pada DPMPTSP Kota Sukabumi yang terdiri dari 40 jenis izin yang dilayani.

Dari hasil rekapitulasi Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) tahun 2019 di atas, secara keseluruhan nilai Survei Kepuasan Masyarakat terhadap pelayanan perijinan yang diberikan oleh DPMPTSP Kota Sukabumi sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya menghasilkan nilai mutu pelayanan  kategori “ B ” yang artinya kinerja unit pelayanan di DPMPTSP Baikdengan nilai interval konversi SKM 87,91 point terhadap unsur-unsur pelayanan yang menjadi indikator pengukuran berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan  Aparatur  Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 14 Tahun 2017 Tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik.

 

Penulis :

Sri Murni Herlina.,S.KM.,M.M (Kepala Seksi Data dan Informasi DPMPTSP Kota Sukabumi)

Editor:

Krishna Dwipayana.,S.T (Kepala Bidang Informasi dan Pengaduan DPMPTSP Kota Sukabumi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here