Banner
Perizinan Berusaha Berbasis Risiko melalui Sistem Online Single Submission (OSS)
Jl. Mayawati Atas No. 11

OMBUDSMAN RI Perwakilan Jawa Barat Berikan Pendampingan Pada Pemda Kota Sukabumi

OMBUDSMAN RI Perwakilan Jawa Barat Berikan Pendampingan Pada Pemda Kota Sukabumi

Jumat 14 April 2023 bertempat di Op Room Setda Kota Sukabumi Bagian Organisasi Setda Kota Sukabumi menggelar pertemuan Pendampingan Penilaian Kepatuhan Terhadap Standar Pelayanan Publik sesuai Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang pelayanan publik di Tahun 2022 pada 7 peserta lokus penilaian. Drs.H.Didin Syarifudin.,M.Si Kepala DPMPTSPĀ  hadir langsung beserta jajaran.

Acara ini dibuka oleh Sekretaris Daerah Kota Sukabumi Drs.H.Dida Sembada.,M.M dan hadir langsung Kepala Ombudsman RI perwakilan Jawa Barat Drs. Dan Satriana. Dalam sambutannya secara keseluruhan, Kota SukabumiĀ  berada di pada Zona Hijau pada Penilaian Kepatuhan Pelayanan Publik Tahun 2022, namun berharap predikat zona hijau yang sudah dikantongi Pemda Kota Sukabumi tahun 2022 tetap dipertahankan, bahkan lebih dioptimalkan di tahun 2023.

Pemenuhan komponen standar pelayanan publik ini merupakan amanat Undang-Undang, kewajiban seluruh penyelenggara pelayanan publik baik yang langsung maupun tidak langsung. Oleh karena itu komitmennya harus sama untuk perbaikan pelayanan, bukan semata-mata hanya karena ada penilaian baru dipenuhi. Rendahnya kepatuhan atau implementasi standar pelayanan mengakibatkan terjadinya berbagai tindakan maladministrasi di instansi pelayanan publik, misalnya ketidakjelasan prosedur, ketidakpastian jangka waktu layanan, adanya pungutan liar, korupsi, ketidakpastian layanan perijinan investasi, kesewenang-wenangan dan lain-lainnya, dimana semuanya mengakibatkan rendahnya kualitas pelayanan publik.

Dalam kesempatan ini harapannya agar Pemda Kota Sukabumi bisa bekerja sama dengan baik dalam proses penilaian nanti, serta dapat menunjukkan performa terbaik mereka sehingga pada prosesnya merupakan kegiatan yang memang telah dilaksanakan sebagai rutinitas, bukan semata-mata untuk penilaian.

Related Posts
Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *